Wujudkan Pilkada Sukses, PPK Timur 2 Bimtek KPPS No ratings yet.

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Dalam rangka menyukseskan pilkada serentak 2018, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Timur II selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Bimtek yang diikuti 171 peserta tersebut dilakukan di aula pertemuan kantor Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Jum’at (22/6).

Bimtek dibagi dalam tiga sesi selama dua hari, yakni kamis (21/6) hingga jum’at (22/6), mengingat banyaknya peserta. Dikarenakan Kecamatan Lubuklinggau Timur II miliki 9 kelurahan dan 57 Tps serta dalam satu TPS diwakili 3 anggota KPPS. Untuk itu setiap sesi Bimtek diikuti oleh tiga kelurahan.

Ketua PPK Lubuklinggau Timur II, Syahbudin saat di bincangi awak media menjelaskan tujuan dilakukannya Bimtek untuk memberi penjelasan ke KPPS mengenai proses pemungutan dan penghitungan suara. Bahkan, dalam pelaksanaan Bimtek langsung dilakukan pemaparan materi baik visual gambar maupun video melalui layar proyektor tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara. Termasuk, cara menyambut para pemilih yang datang ke TPS, serta tempat duduk untuk para saksi pasangan calon, tempat petugas Linmas dan pengawas TPS.

“Kita berikan penjelasan secara mendetail mengenai proses awal penyambutan hingga pemungutan dan penghitungan suara hingga proses akhir pembagian salinan rekapitulasi suara C1 pada yang berhak menerima,” ujar Syahbudin.

Syahbudin menambahkan dalam pelaksanaan Bimtek pihaknya juga memberikan simulasi mengenai proses rekapitulasi penghitungan suara yang akan dilakukan KPPS. Penekanan dalam proses rekapitulasi menghindari sekecil apapun kekeliruan, bila ada kekeliruan harus segera diselesaikan di TPS. Sebab, ketika kekeliruan tersebut tidak diselesaikan, otomatis kekeliruan yang sama akan terjadi ditingkat selanjutnya, baik PPK maupun KPU.

“Mengingat pilkada dilaksanakan serentak yakni pilwako dan pilgub. Kita tegaskan jangan sampai ada kekeliruan apalagi sampai salah dalam penulisan rekapitulasi C1. Dan pendistribusian C1 juga harus tepat sasaran kepada siapa saja yang berhak menerimanya,” tegasnya.

Masih kata ketua PPK, sosialisasi tersebut mengacu pada Surat Edaran KPU RI Nomor 574/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 tanggal 8 Juni 2018, perihal penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara. Karena, berdasarkan regulasi terbaru pemilih yang membawa formulir C6 KWK tidak perlu lagi menunjukkan KTP-El atau Surat Keterangan. Namun, ketika dibutuhkan anggota KPPS bisa meminta pemilih untuk menunjukkan identitasnya.

“Semoga dengan dilakukannya Bimtek ini, seluruh anggota KPPS se-Kecamatan Lubuklinggau Timur II, dapat berkerja dengan baik dan Pilkada berjalan sukses, sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, karena KPPS adalah ujung tombak dari penyelenggaraan pemilu, karena itulah kita harapkan dapat bekerja maksimal,” pintanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dilapangan, Bimtek turut dihadiri keempat anggota PPK Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Holil kusuma divisi data dan program, Dahlan divisi SDM, Jamil divisi teknis dan Asrul divisi hukum, yang diiringi juga oleh beberapa staf PPK, Kunti Maharani, Rismunandar, Pretycia R Mutaqin. Yang secara bergantian memaparkan materi bimtek dan memberikan pemahaman sedetail mungkin kepada peserta Bimtek. RED

Please rate this

Recommended For You

error: