Tenaga Kesehatan Empat Lawang Bakal Divaksin Pertama Kali 5/5 (1)

EMPATLAWANG, PJ – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang telah mempersiapkan untuk pelaksanaan vaksin covid-19. Pasalnya, jika vaksin sudah datang pemkab tinggal melaksanakan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, Sulni mengatakan, untuk pelaksanaan vaksin akan dilaksanakan di sepuluh puskesmas yang ada di Empat lawang.

“Alhamdulillah untuk tempat penyimpanan yang akan menyimpan vaksin di puskesmas masing-masing sudah kita laksanakan monitoring dan kondisinya dalam keadaan siap sesuai dengan standar yang di tentukan,” katanya, Kamis, (21/01/2021).

Sulni juga belum bisa memastikan pelaksanaan vaksin. Namun informasi yang dia dapatkan pelaksanaan vaksin akan di laksanakan sekitar februari ini namun belum tahu tanggalnya.

“Nanti Pertama kali vaksin adalah tenaga kesehatan, karena paling banyak bertemu orang. Kemudian pejabat publik, TNI, Polri, selanjutnya masyarakat umum,” katanya.

Dijelaskannya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan vaksin.

“Untuk yang akan di vaksin ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi untuk dapat melaksanakan vaksin, kalu yang bersangkutan telah terkena virus terlebih dahulu maka tidak bisa di vaksin, dan pasien yang mengidap penyakit tertentu seperti jantung, darah tinggi, diabetes, juga termasuk ibu hamil dan ibu menyusui,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan vaksin nanti akan dilakukan beberapa tahap.

“pelaksanaan vaksin nanti ada empat meja, meja yang perma yaitu untuk pendaftaran, meja yang kedua untuk pengecekan data apakah yang bersangkutan telah mengidap penyakit tertentu sehingga tidak dapat melaksanakan vaksin, meja yang ke tiga untuk pelayanan vaksin, setelah melakukan pelayanan vaksin maka yang bersangkutan langsung menuju meja ke empat untuk melakukan vaksin,” katanya.

Lanjutnya, setelah melakukan vaksin maka pasien akan menunggu sekitar tiga puluh menit kedepan.

“setelah menunggu sekitar tiga puluh menit kalau tidak ada reaksinya maka yang bersangkutan akan diberikan kartu bahwa dia suda melaksanakan vaksin yang pertama, selanjutnya empat belas hari kedepan akan melakukan vaksin yang ke dua dengan membawa kartu,” pungkasnya. OMTA/FAB

Please rate this

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: