Sulni : Vaksin Tahap Pertama Empat Lawang Direncakan Dilaksanakan Selasa Ini 5/5 (1)

EMPATLAWANG, PJ – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang, laksanakan rapat kordinasi dengan kepala Puskesmas se-Kabupaten Empat Lawang, Kamis (28/1), diruang rapat Dinkes Empat Lawang, terkait pelaksanaan vaksinasi tahap pertama yang akan dilaksanakan pada hari Selasa (2/2) mendatang.

Dalam Rapat Kordinasi yang dihadiri oleh, Kepala Puskes se-Kabupaten Empat Lawang, Direktur RSUD, dan pihak BPJS serta Panitia Vaksinasi.

Kepala Dinkes Empat Lawang, Sulni, menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengirim surat ke Dinkes Provinsi, untuk menjemput dan serah terima vaksin pada hari senin pagi (1/2). Dan langsung dibawah ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Empat Lawang.

“kami sudah mengirim surat ke Dinkes Provinsi, untuk pelaksanaan Vaksinasi hari selasa nanti, dan untuk vaksin kita jemput langsung ke gudang farmasi dinkes provinsi oleh petugas dari empat lawang dikawal oleh anggota polri dan tni, setelah melakukan serah terima oleh pihak provinsi ke Dinkes Empat Lawang”, Sampainya.

Dikatakan Sulni, pihak provinsi memberikan bantuan pengawalan 5 anggota Brimob dan di tambah dari pihaknya anggota personil polres empat lawang serta anggota TNI Dandim 0405 Lahat. Setelah vaksin tiba di Empat Lawang langsung didistribusikan ke Puskesmas Se-Kabupaten Empat Lawang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tebing Tinggi.

“Kami minta pihak puskesmas dan RSUD, memerintahkan petugas untuk menjemput vaksin di gudang farmasi Dinkes Empat Lawang. Serta berkordinasi dengan pihak Polsek setempat dan anggota TNI serta Satpol pp untuk pengawalan vaksin tersebut sampai ke gudang farmasi, yang telah disediakan kulkas oleh pihak puskesmas dan RSUD Tebing Tinggi yang sebelumnya sudah kami cek kondisi dalam keadaan siap untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan vaksin tersebut”. Katanya.

Dijelaskannya, total vaksin yang dijemput sebanyak 2.000 vial, sebanyak 50 Box.yang nantinya akan di suntikan ke Nakes dan pejabat publik di Kabupaten Empat Lawang.

“2.000 vial Vaksin Sinovac, yang di drop ke Empatlawang, nanti akan disuntik ke Nakes dan Pejabat Publik, Forkopimda Empat Lawang serta ketua Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) Empat Lawang”. Jelasnya.

Ia menuturkan, nantinya pelaksanaan vaksinasi untuk nakes disetiap kecamatan dipusatkan di puskesmas, dan untuk pejabat publik masih menunggu perintah dari bupati Empat Lawang.

“vaksinasi untuk nakes nanti dipusatkan di puskesmas, dan untuk pejabat publik masih menunggu perinta Pak Bupati, apakah gabung di puskes ataukah dikantor atau dirumah dinas atau dipusatkan disatu tempat, nanti sesuai pentujuk bupati. Dan perlu diketahui penyuntikan vaksin nantinya dilakukan dua kali penyuntikan, pertama pada hari selasa pagi (2/2) mulai pukul 8.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB, dan penyuntikan kedua dilakukan 14 hari kedepan” Tuturnya

Lanjutnya, sebelum dilakukan penyuntikan terhadap pasien yang akan divaksinasi, Satu peserta vaksinasi harus melalui 4 tahapan mulai dari pendaftaran, proses screening, penyuntikan vaksin, hingga observasi pasca vaksinasi.

“nantinya, peserta vaksinasi, harus melalui 4 meja tahapan yaitu, yaitu meja pertama pendaftaran, kedua screening, meja ketiga penyuntikan vaksin, dan meja ke adalah meja tunggu apakah ada reaksi atau gejala setelah disunyikannya Vaksin tersebut”, pungkasnya. OMTA/FAB

Please rate this

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: