Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Panwascam Sukakarya Berjalan Sukses No ratings yet.

MUSIRAWAS, PJ – Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Suka Karya gelar sosialisasi pengawasan partisipatif untuk mengawal pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten musi rawas 2020. kamis (3/9) bertempat di kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas.

Kegiatan sosialisasi yang digagas oleh panwascam tersebut Turut dihadiri, Komisioner Bawaslu Musi Rawas. Khoirul Anwar, Camat Sukakarya, Kapospol, Danramil, dan puluhan peserta yang terdiri dari forum pemuda Musi Rawas, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan para pemilih pemula.

Ketua Panwascam Sukakarya, Agus Wijayanto dalam moment sambutannya mengatakan bahwa agenda sosialisasi pengawasan partisifatif ini merupakan upaya turut menyukseskanya pagelaran pilkada di musi rawas yang akan terselenggara pada 9 desember mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang pemilu dan kesadaran akan pentingnya partisipasi dari masyarakat itu sendiri, selain itu juga kita menyadari keterbatasan personil baik bawaslu ataupun panwascam dalam mengawasi pelaksanaan pemilu, karena itu kita meminta peran aktif semua element, baik masyarakat ataupun stake holder lainya, dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan, karena kita berada ditengah pandemi,”jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif gunakan hak pilih dan sama-sama awasi pelaksanaan pilkada ini demi terwujudnya keamanan, kenyamanan agar tidak terjadi bentrok antara kandidat dan timses kandidat dalam pelaksanaan pilkada ini.

“Saya sampaikan pesan juga kepada kita semua untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam pengunaan media sosial karena seringnya terjadi berita-berita hoax dan penjelekan terhadap kandidat-kandidat lainnya. Semua itu tidak lain demi terwujudnya demokrasi bersih, suskes, aman dan damai,”jelasnya

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Musi Rawas, Khoirul Anwar mengatakan bahwa pelaksanaan pilkada 9 desember nanti merupakan pesta demokrasi di Musi Rawas. Maka untuk itu Bawaslu mengajak masyarakat untuk melakukan pengawasan bersama. Selain itu seluruh pihak wajib mematuhi Protokol Kesehatan.

“Seperti cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. Dan untuk PKD, pemilih pemula dan tokoh masyarakat mari bersama-sama kita jaga bersama agar terwujudnya pilkada yang damai dan berkualitas, serta menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Kita awasi Pilkada tanpa provokasi,” kata dia.

Masih kata, Khoirul, Besok tanggal 4 hingga 6 september pihaknya sudah terfokus mengawasi tahapan pendaftaran calon di kpu untuk itu pihakya meminta peran serta semua elemen, terkhusunya panwascam dan pkd agar cermat dalam melakukan tugasnya.

“Jalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing kita sesuai dengan peraturan sebagai pengawas pemilu. Menjadi pengawas pemilu memang sangat beresiko dan butuh energi ekstra,” Tukasnya. FAB

Please rate this

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: