Seluruh Penerima Vaksin Pertama di Empat Lawang Tidak Menimbulkan Gejala Apapun No ratings yet.

EMPATLAWANG, PJ – Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Empat Lawang dimulai Kamis (04/02/2021). Babak baru perang melawan Covid-19 itu ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada jajaran pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemkab Empat Lawang, dan Perwakilan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan (Nakes).

Penyuntikan vaksin tahap perdana yang dilaksanakan di RSUD Empat Lawang itu berjalan lancar tanpa kendala. Hasil pemantauan tim nakes selama 30 menit pertama setelah penyuntikan vaksin, tidak ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) yang dialami para penerima vaksin.

Seluruh penerima vaksin tahap pertama di Empat Lawang ini aman. Tidak muncul gelaja apa pun. Penerima vaksin tahap awal ini yang disuntik diantaranya seperti Kapolres Empat Lawang, Ketua DPRD Empat Lawang dan Pj Sekda Empat Lawang. Sedangkan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad tidak bisa di suntik vaksinasi karena sebelumnya, beliau sudah terinfeksi positif Covid-19. Sedangkan Wabup dan Kejari saat di screening juga belum bisa di vaksinasi.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan, masih perlu dilakukan edukasi terus menerus karena banyak masyarakat yang sudah merasa jenuh menerapkan protokol kesehatan. Pencanangan pemberian vaksin untuk mengurangi transmisi penularan Covid-19.

”Hari ini kita lakukan vaksinasi dengan tujuan menurunkan angka kesakitan/kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara social dan ekonomi. Jangan kendor tetap patuhi protokol kesehatan,”kata Joncik lagi  saat menghadiri pencanangan pemberian Vaksin perdana.

Selain itu, beliau juga sampaikan bahwa vaksin ini aman dan sudah dilakukan uji klinis dan sudah ada izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM dan Label Halal dari MUI.

”Vaksin ini aman halal, MUI sudah mengeluarkan produk halal. Ini sudah dibuktikan oleh Forkopimda tidak ada persoalan semuanya sehat,” kata Bupati Joncik.

Memang dirinya lanjut Bupati bersama istrinya yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Empat Lawang tidak divaksin sebab pernah terpapar covid-19.

”Setelah divaksin bukan berarti kita bebas dari covid tapi tetap Prokes tetap diterapkan, dan Satgas saya minta tetap harus tegas,” jelasnya.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang, agar tidak takut untuk divaksin. Dan jika vaksin sudah datang segera lakukan vaksinasi. ”Jangan takut untuk divaksin, karena dengan divaksin ini, imun tubuh kita akan terjaga,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang Sulni mengatakan, tujuan vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh, untuk mencegah penyebaran covid-19.”Jumlah sasaran 1181 orang, jumlah vaksin yang diterima pada Senin lalu sebanyak 2000 vaksin. Dan langsung pada hari itu juga kita distribusikan 1000 vaksin ke seluruh Puskesmas di Empat Lawang, vaksinasi ini d lakukan secara serentak di Empat Lawang,”pungkasnya.

Sementara Kapolres Empat Lawang, AKBP Wahyu SIK mengaku tidak merasakan hal aneh. ‘’Tidak ada hal aneh. Biasa saja,’’ kata dia. OMTA/FAB

Please rate this

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: