Selama Nataru, Basarnas Fokus Siaga Wisata Air No ratings yet.

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Dalam rangka menyambut natal dan tahun baru (Nataru), Basarnas Unit Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara (MLM) menyiapkan anggotanya untuk berjaga di tempat wisata dan obyek vital pada masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Penyiagaan pasukan oleh Basarnas ini untuk mengantisipasi terjadinya kondisi yang membahayakan yang bakal terjadi terhadap para wisatawan saat berlibur terutama di tempat tempat objek wisata.

Kepala Unit Basarnas MLM, Wahit Ivan Afrianto mengatakan terhitung sejak hari ini Senin (23/12) seluruh peralatan di unit Basarnas Musi Rawas mulai disiagakan dilapangan.

“Jadwal siaga kita tanggal 18 Desember -8 januari. Tapi untuk mengimbangi kita menyesuaikan wilayah kerja daerah masing-masing,” ungkap Ivan, Senin (23/12).

Ivan menyebutkan jumlah personil yang diturunkan dalam siaga kali ini sebanyak 10  orang yang akan mengawasi tempat wisata di wilayah Musi Rawas Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara.

“Yang kita fokuskan wisata air kalau di Lubuklinggau Air Terjun Temam, kalau Musi Rawas Danau aur, Danau Gegas, Curug Panjang Durian Remuk, sedangkan Muratara Danau Rayo,” paparnya.

Selain menyiapkan personil untuk penyelamatan, Basarnas juga sudah menyiapkan peralatan air lengkap plus alat selam siap pakai dan peralatan-peralatan selam lainnya.

“Ini sebagai antisipasi jika ada korban yang tenggelam, Termasuk alat vertical rescue, yakni alat untuk penyelamatan jika ada korban yang jatuh ke dalam jurang,” paparnya.

Sementara berdasarkan data sepanjang tahun 2019 Basarnas unit Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara telah melakukan sebanyak delapan kali penyelamatan.

“Dari penyelamatan itu tiga kali yang selamat yakni korban tersesat di hutan dan satu di sumur. Sedangkan untuk korban di air rata-rata meninggal,” terangnya. AFA

Please rate this

Recommended For You

error: