Panwascam Lantik 20 PKD Kecamatan Muara Lakitan No ratings yet.

MUSIRAWAS, Panjinews.com – Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Muara Lakitan didampingi Bawaslu Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, melantik sebanyak 20 orang Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) di kecamatan Muara Lakitan, hal ini dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas tahun 2020.

“Pelantikan PKD untuk hari ini dilakukan di kecamatan Muara Lakitan, Pelantikan PKD memang tidak serentak,” kata Ketua Bawaslu Musi Rawas, Oktureni Sandra Kirana dalam kata sambutan sekaligus pengarahan singkat usai pelantikan PKD, Jum’at (20/3).

Oktureni mengingatkan kepada PKD yang terpilih dan dilantik hari ini untuk meningkatkan kinerja dalam menyukseskan Pilkada serentak 2020 di wilayah kerjanya masing-masing. “Untuk PKD yang baru diharapkan agar cepat beradaptasi,” katanya.

Menurut dia, PKD memiliki peranan penting dalam melakukan pengawasan pada pelaksanaan Pilkada 2020.

“Lembaga Bawaslu ini membutuhkan orang-orang yang memiliki loyalitas dan memiliki jati diri lembaga, serta mampu menghargai marwah Bawaslu,” tegasnya.

Ia berharap agar PKD yang dilantik hari ini mematuhi aturan yang berlaku dan meningkatkan koordinasi serta komunikasi dengan Panwaslu Kecamatan (Panwascam). “Ingat pahami aturan. Pahami tugas pokok dan fungsi dalam bekerja,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Panwaslu kecamatan Muara Lakitan, Berry Firmansyah menambahkan PKD merupakan orang terpercaya yang mewakili desa masing-masing untuk menjaga sinergitas dalam menyukseskan Pilkada 2020 di wilayah setempat.

“PKD harus konsentrasi dan fokus melakukan pengawasan terhadap semua tahapan pilkada. Baik penyelenggara dan kontestan pilkada, ataupun tim sukses para kontestan pilkada. Semua tahapan harus diawasi dan dipantau, jangan sampai ada kecurangan yang merusak citra demokrasi dalam penyelenggaraan pilkada,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala sekretariat panwascam Muara Lakitan, Daswin juga berpesan kepada 20 PKD yang dilantik diantaranya, Angga Apriano, SH (Prabumulih I), Listina Dewi, SS (Prabumulih II), Arkosi (Kel. Muara Lakitan), Ebri Ariansyah (Pelita Jaya), Nurhayati (Sidomulyo), Wika Nayanti (Marga Baru), Bendri Yadi (Lubuk Pandan), Dedi Kasuma (Semeteh), Nafikri (Sungai Pinang), Sulaiman (Muara Rengas), Bhakti Setiadi (Anyar), Ebit Alatas (Semangus Baru), Bakar Husin (Semangus), Romlan (Pendingan), Muhammad Nur (Harapan Makmur), Agus Riyanto (Bumi Makmur), Alfikar (Mukti Karya), Toni Widianto (Pian Raya), Hakim Bahri (Tri Anggun Jaya), Yusi Herlina (Sindang Laya).

PKD yang dilantik, agar dapat bekerja secara maksimal, karena mereka adalah ujung tombak kedua setelah ujung tombak pertama yakni PTPS yang akan ditempatkan di setiap TPS nantinya.

“PKD harus cermat dalam menyikapi setiap persoalan di wilayah kerjanya, dan yang terpenting komunikasi dan koordinasi pada panwascam haruslah intens, agar tidak salah dalam menjalankan tugas,” tukasnya. NSR

Please rate this

Recommended For You

error: