Optimalkan Pemeliharaan Untuk Meminimalisir Pemadaman Listrik No ratings yet.

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Beberapa bulan terakhir, sebagian warga Kota Lubuklinggau sangat mengeluhkan pemadaman listrik di sejumlah titik di wilayah Kota Lubuklinggau. Pasalnya pemadaman yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Rayon Lubuklinggu Area Lahat WS2JB ini berlangsung cukup lama bahkan kerap byar pet.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di beberapa titik dalam wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat dan Lubuklinggau Utara. “Sebenarnya apa sih masalah PLN, kok listrik mati- mati terus, kadang waktunya tidak jelas lagi,” Ungkap Yuli (49), warga Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1, dengan nada kesal.

Manager PT PLN (Persero) Rayon Lubuklinggu Area Lahat WS2JB, Mustofa, tidak menapik adanya pemadaman yang dilakukan pihaknya. Hal itu menurut Mustofa disebabkan beberapa faktor. Mulai dari kerusakan yang disebabkan gangguan dari hewan hingga terbakarnya trafo dan lainnya.

“Seperti hari ini (26/6), terbakarnya pengaman terbuka di depan SMAN 3 Petanang, sudah kita perbaiki, tadi pagi ada lagi, Tupai diatas trafo SPBU Megang, yang membuat beberapa kabel lepas,” katanya.

Lanjutnya, selama ini pihaknya terus berupaya agar pemadaman listrik berkala  tidak terjadi. Salah satunya dengan cara melakukan tebas bayang. “Makanya warga jangan marah kalau ada pohon di depan rumahnya di tebang PLN,” tegasnya.

Karena itu dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak ada hewan seperti tupai dan kera yang mengganggu jaringan listrik. “Sekarang aktivitas tebas bayang kita lakukan mengarah ke Muratara, karena banyak sekali pohon-pohon yang berada di jalur jaringan PLN,” terang Mustofa.

Ditambahkannya, kalaupun dilakukan pemadaman oleh PLN itu biasanya karena sedang ada perbaikan-perbaikan. “Kita tetap upayakan tidak ada pemadaman, kecuali adanya kerusakan dan perbaikan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga, lanjut Mustofa, tentu jaringan yang ada perlu dilakukan pemeliharaan dan perbaikan-perbaikan berkala. “Kalau tidak dilakukan pemeliharaan dan perbaikan-perbaikan, pemadaman bisa lebih parah lagi,” pungkasnya. NSR

Please rate this

Recommended For You

error: