Nanan Pakai Uang Pribadi Untuk Bantu Masjid di 2019 No ratings yet.

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Mulai tahun 2019 ini, di Kota Lubuklinggau mulai digiatkan program Makmur Masjid Rakyat Sejahtera (Marase). Program baik dalam kesejahteraan masyarakat ini akan dimulai dibeberapa masjid yang dianggap mampu terlebih dahulu.

Hal itu diungkapkan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe kepada wartawan, kemarin (20/2). “Program bantuan untuk masjid akan tetap kita jalankan. Dan mulai tahun ini mulai beberapa masjid terlebih dahulu untuk kegiatan marase,” ujar Nanan sapaan akrab walikota.

Dijelaskannya, Marase merupakan program untuk membantu penyaluran uang demi kemakmuran kepada masyarakat. Jadi pengurus masjid akan ikut pelatihan manajemen keuangan berbasis syariah. Nanti diharapkan bisa menyalurkan dana bergulir kepada jamaah masjid tersebut.

“Jadi nanti akan kita ajak pengurus masjid ikut pelatihan memenejemen keuangan berbasis syariah. Bisa menyalurkan bantuan ke jamaah masjid. Kalau dananya besar, bisa melakukan penyaluran untuk UMKM,” katanya.

Orang nomor satu di Bumi Sebiduk Semare ini menuturkan, dalam pelaksanakan marase juga bukan sembarangan masjid yang dapat melaksanakannya. Tapi ada kriteria masjid yang harus dipenuhi. Diabtaranya yakni masjid yang tidak ada lagi permasalahan dalam pembangunan fisik.

Contohnya yakni masjid yang sudah refresentatif tidak ada lagi permasalahan pembangunan toilet, pembangunan plafon dan pembangunan yang berhubungan dengan kategori fisik lainnya.

“Iya masjid yang diperbolehkan yakni masjid yang sudah bagus, tidak lagi melakukan penghimpunan atau pengumpulan uang untuk pembangunan fisik. Kalau masih ada fisik belum terselesaikan. Maka belum bisa diikutkan dalam marase,” imbuhnya.

Ditahun 2019 ini juga, Nanan menuturkan, bantuan untuk masjid yang hendak melaksanakan marase akan dibantu Walikota secara pribadi terlebih dahulu. Kedepan, kalau memang sudah banyak masjid yang siap. Akan dianggarkan menggunakan dana pemerintah.

“Kalau tahun ini pakai anggaran pribadi saya dahulu untuk kegiatan marase ini. Nanti kedepan baru kita anggarkan pakai anggaran pemerintah. Ingat, yang boleh melaksanakan itu yakni masjid yang sudah makmur secara fisik,” tutupnya. AFA

Please rate this

Recommended For You

error: