Drainase Yang Baik Akan Cegah Banjir di Jalan Protokol No ratings yet.

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Perbaikan Drainase disepanjang Jl Yos Sudarso hingga Jl H M Soeharto ditargetkan akan tuntas pada tiga tahun kedepan. Pasalnya proyek multiyears tersebut dikerjakan secara bertahap.

Kabid Cipta Karya (CK) pada dinas Pekerjaan Umum (PU), Ihwan saat dibincangi wartawan diruang kerjanya mengatakan tahun ini sedikitnya ada sekitar sembilan kilo meter (Km) pembangunan drainase di Jl Yos Sudarso, mulai dari simpang RCA hingga Simpang Lapter.

“46 milyar digelontorkan untuk pembangunan drainase tersebut, 9 km itu dibagi dua, yakni 4,5 km dikiri dan kanan jalan. Kita telah mulai pengerjaanya, dan target kita 150 meter setiap bulanya. Karena kita mengerjakannya bertahap per 100 meter,” terangnya. Selasa (3/9)

Dilanjutkanya, metode pengerjaanya sengaja dikerjakan per 100 meter dan dibagi menjadi 3 tim. Ini bertujuan agar tidak terlalu panjang lubang galian yang akan menyebabkan kemacetan dan mengganggu masyarakat.

“Awalnya akan kita gali setiap 100 meter, dan langsung kita kerjakan. Ketika sudah diselesaikan 100 meter barulah kita lanjut dengan penggalian rute selanjutnya, ini dliakukan agar efisiensi dan kualitas kerjaan lebih detail diperhatikan. Kita juga hanya mengerjakan pada malam hari, agar tidak menganggu aktivitas jalan raya, yang berdampak pada kemacetan, ini dilakukan karena belajar dari pengalaman sebelumnya, yang banyak membuat kemacetan saat proses pengerjaan terjadi,” jelas Ihwan.

Setidaknya, sekitar 66 milyar akan digelintorkan untuk perbaikan drainase ini, agar nantinya bisa mengatasi banjir pada musim hujan nantinya. Mudah-mudahan itu sesuai rencana yang diharapkan.

“Target kita 3 tahun kedepan setidaknya 90 persen persoalan drainase ini akan tuntas. Kita juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah pada saluran air, ini bertujuan agar air tidak tersumbat saat musim hujan, itu semua demi kenyamanan dan kebaikan kita bersama,” tukasnya. NSR

Please rate this

Recommended For You

error: