Bandara Silampari Dapat Menampung Pesawat Yang Lebih Besar No ratings yet.

*Peningkatan Diperkirakan Rampung Desember 2018 

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Peningkatan bandar udara (Bandara) silampari kota Lubuklinggau diperkirakan akan rampung pada desember 2018 mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Bandara silampari Lubuklinggau, Rudi Pitoyo, saat dikonfirmasi wartawan via telpon seluler. Jum’at (16/11).

Dijelaskanya, kondisi pembangunan fisik saat ini sudah 95 persen rampung, sedangkan intetiornya masih dalam tahap kontrak, baik termasuk furniture dan sebagainya. “Kita targetkan awal desember terminalnya selesai, kalau interior targetnya akhir desember,” katanya.

Sedangkan untuk runway sendiri pihaknya baru bisa menampung boeing 737 dan Airbus 320 saja, belum bisa menampung airbus yang lebih besar, atau jenis seri boeing 737 800 dan 900, seperti landing untuk sriwijaya group jenis 737.800 belum bisa, karena kriteria pemadaman kebakaran (PK) bandara silampari belum memadai. “Kita baru memiliki dua pk dengan kapasitas air 8000 liter masing-masing satu kendaraan 4000 liter,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk luas lahan bandara secara keseluruhan sekitar 80 hektare dan panjang landasan pacu mencapai 2220 meter, mendekati level ultimate (maksimal).

“Itu semua sudah dirasa cukup, namun apabila ada perencanaan perpanjangan lagi maka kita harus memperkirakan akan ada pesawat yang lebih besar lagi, namun belum arahnya kesana, untuk sementara cukup ini saja,” terangnya.

Saat ditanya soal keamanan dan sterilisasi, ia menjawab, strelisasi sudah aman, karena itu hal wajib yang harus terpenuhi, semua area bandara sudah dipagar dan petugas sudah siaga. “Keamanan kita harus bertaraf nasional. Namun hanya butuh perawatan dan perbaikan sedikit saja,” pungkasnya. NSR

,

Please rate this

Recommended For You

error: